Monday, 16 January 2017

LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS GAPI SDN 6 PENGADANGA BERSAMA SYUKRI


RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIK DALAM SEMESTER   
Satuan Pendidikan      : SDN 6 Pengadangan
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam ( PAI ) dan Budi Pekerti
Kelas                            : V A
            Semester                     : I
Tahun Pelajaran          : 2015/ 2016
 A. Perhitungan Alokasi Waktu
I.                    Jumlah Pekan   Semester Ganjil                                                        

NO
BULAN
JUMLAH PEKAN 
KET
 1
JULI                2015
5

2
AGUSTUS      2015
4

3
SEPTEMBER  2015
5

4
OKTOBER      2015
4

5
NOPEMBER  2015
4

6
DESEMBER   2015
5


Jumlah            ( a )
27


II.                  Jumlah Pekan Tidak  Efektif Semester Ganjil
NO
BULAN
JUMLAH PEKAN 
KET
 1
JULI                2015
3

2
AGUSTUS      2015
0

3
SEPTEMBER  2015
1

4
OKTOBER      2015
0

5
NOPEMBER  2015
0

6
DESEMBER   2015
4


Jumlah           ( b )
8

           




III.                 Jumlah Pekan Efektif                                                                                                            

   ( a )   27  – ( b)  8    = ( c )  19  Pekan 
             
IV.                 ( c )  19  X  4  =   76  Jam, Jumlah jam efektif dalam satu semester = 76 Jam

V.                  Kegiatan Semester I yang Bukan Jam efektif Mata Pelajaran PAI

NO
BULAN
PEKAN KE
URAIAN KEGIATAN
 1
JULI                2015
1, 3 & 4
1.    Libur semester II TP. 2014/2015 3 dan 4. Libur awal puasa 1436 H
2
AGUSTUS      2015
0

3
SEPTEMBER  2015
1
1.    Kegiatan Midle  Semester I TP. 2015/2016
4
OKTOBER      2015
0
-
5
NOPEMBER  2015
0
-
6
DESEMBER   2015
2,3, 4 & 5
1.    Pelaksanaan Semester I TP. 2015/2016, 2. Remidial 3.Pengolahan nilai, Merekap nilai, pengisisn rapot 4.  libur semesrt I TP. 2015/2016

Jumlah
8











B.      Distribusi Alokasi Waktu
Mata Pelajaran           : PAI dan BP
Kelas/ Semester          :  V A/ I
Tapel                           : 2015/2016
Bab/ Materi
Kompetensi Inti/ Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
( Jam Pelajaran )
Bab I Mari Belajar QS. At-Tin dan al-Maun

Rencana
Terlaksana
1.1     Terbiasa membaca al-Qur’an Surat at-Tin dan al-Maun dengan tartil
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan benar
4.1 Membaca Q.S. al-Mā’ūn dan at-Tin dengan tartil
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan baik dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan baik dan benar
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin

16  x 35
14 x 35


Bab II Mengenal Nama Allah dan Kitab-Kitab-Nya
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyμm, al-Ahad.
3.2. Memhami makna diturunkannya kitab –kitab suci melalui rasul-rasul Allah sebagai imlpementasi rukun iman
1.2. Meyakini al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.
8 x 35
6 x 35
Bab III Cita-Citaku Menjadi Anak Sholih
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.al-Ahzab/33: 23
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Baqarah/2: 83
2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 18
8 x 35
6 x 35
Bab IV Bulan Romadon Yang Indah
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadān sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4 Menunaikan Salat tarawih dan tadarus al-Qur’an di bulan Ramadhān sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadān yang dapat membentuk akhlak mulia
2.6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Romadon.
10 x 35
10 x 35
Bab V Rasul Allah Idolaku
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dāwūd a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaimān a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyās a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasā a.s.
4.14. Menceritakan kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
12 x 35
12 x 35
Jumlah : 23 KD
44  X 35
 44 X 35

Pengadangan, 6 Juli  2015
Mengetahui                                                                                                                Guru PAI
Kepala SDN 6 Pengadangan




JUNAIDI, S.Pd                                                                                                              SYUKRI, S.Pd.I
NIP. 19601231 198012 1 102                                                                          NIP. 19740421 2008 01 1 013







PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN        : 2015/-2016
SEKOLAH                                 : SDN 6 Pengadangan
MATA PELAJARAN                   : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KELAS                                                    : V A
SEMESTER                                           : 1 (Ganjil)
Bab/ Materi
Kompetensi Inti/ Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu



Bab I.
Mari Belajar QS. At-Tin

Rencana
KET
1.1  Terbiasa membaca al-Qur’an Surat at-Tin dan al-Maun dengan tartil
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan benar
4.1 Membaca Q.S. al-Mā’ūn dan at-Tin  dengan tartil
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan baik dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan baik dan benar
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin

16 x 35
8 x pertm


Bab II.
Mengenal Nama Allah dan Kitab-Kitab-Nya
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyμm, al-Ahad.
3.2. Memhami makna diturunkannya kitab –kitab suci melalui rasul-rasul Allah sebagai imlpementasi rukun iman
1.2. Meyakini al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.
8 x 35
4 x pertm
Bab III.
Cita-Citaku Menjadi Anak Sholih
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.al-Ahzab/33: 23
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Baqarah/2: 83
2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 18
8 x 35
4 x pertm
Bab IV.
Bulan Romadon Yang Indah
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadān sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4 Menunaikan Salat tarawih dan tadarus al-Qur’an di bulan Ramadhān sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadān yang dapat membentuk akhlak mulia
2.6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Romadon.
10 x 35
5 x pertm
Bab V .
Rasul Allah Idolaku
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dāwūd a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaimān a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyās a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasā a.s.
4.14. Menceritakan kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
12 x 35
6  x pertm
Jumlah : 23 KD
44 X 35
22 x peretmuan

 Pengadangan, 6 Juli 2015
Mengetahui                                                                                                                Guru PAI
Kepala SDN 6 Pengadangan



JUNAIDI, S.Pd                                                                                                              SYUKRI, S.Pd.I
NIP. 19601231 198012 1 102                                                                          NIP. 19740421 2008 01 1 013







PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan             ; SDN 6 Pengadangan
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas                                      : V ( Lima  ) A
Semester                               : 1 ( Satu )
Tahun Pelajaran                 : 2015 /2016

Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
B U L A N
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.1      Terbiasa membaca al-Qur’an Surat at-Tin dengan tartil
2    jampel

x






















4.1 Membaca Q.S. al-Mā’ūn dan at-Tin  dengan tartil
2  jampel



x




















4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan baik dan benar
2  jampel



x




















3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan benar
1 Jampel




x



















2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
2  jampel




x



















4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
   2  jampel





x


















4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan baik dan benar
2  jampel





x


















Ulangan Formatif 1
2  jampel






x

















3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyμm, al-Ahad.







x

















3.2. Memhami makna diturunkannya kitab –kitab suci melalui rasul-rasul Allah sebagai imlpementasi rukun iman
2  jampel







x
















1.2. Meyakini al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.
2  jampel







x
















Ulangan Formatif 2
2  jampel








x















2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.al-Ahzab/33: 23
1  jampel









x














2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Baqarah/2: 83
4  jampel









x














2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 18
2 jampel










x













Ulangan Formatif 3
2  jampel










x













Ulangan Midle Semester I












x












1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadān sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam

1  jampel













x




































1.4 Menunaikan Salat tarawih dan tadarus al-Qur’an di bulan Ramadhān sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya
2  jampel














x









3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadān yang dapat membentuk akhlak mulia
2  jampel














x









2.6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Romadon.
2  jampel















x








Ulangan Formatif 4
















x








4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dāwūd a.s.
2 jampel
















x







4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaimān a.s.

2  jampel
















x







4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyās a.s.
2 Jampel

















x






4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasā a.s.
2 Jampel

















x






Ulangan Formatif 5
2 Jampel


















x





4.14. Menceritakan kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2 Jampel


















x





2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
2 Jampel



















x




Ulangan Formatif 6




















x
x



Ulangan Semester I
3  jampel





















x


Pengadangan, 6 Juli  2015
Mengetahui                                                                                                                Guru PAI
Kepala SDN 6 Pengadangan


JUNAIDI, S.Pd                                                                                                              SYUKRI, S.Pd.I
NIP. 19601231 198012 1 102                                                                          NIP. 19740421 2008 01 1 013




No comments:

Post a Comment