RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIK DALAM
SEMESTER
Satuan Pendidikan : SDN 6 Pengadangan
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam ( PAI ) dan
Budi Pekerti
Kelas : V A
Semester : I
Tahun Pelajaran : 2015/ 2016
A. Perhitungan Alokasi Waktu
I.
Jumlah Pekan Semester Ganjil
NO
|
BULAN
|
JUMLAH
PEKAN
|
KET
|
1
|
JULI 2015
|
5
|
|
2
|
AGUSTUS 2015
|
4
|
|
3
|
SEPTEMBER 2015
|
5
|
|
4
|
OKTOBER 2015
|
4
|
|
5
|
NOPEMBER 2015
|
4
|
|
6
|
DESEMBER 2015
|
5
|
|
|
Jumlah ( a )
|
27
|
|
II.
Jumlah Pekan Tidak
Efektif Semester Ganjil
NO
|
BULAN
|
JUMLAH
PEKAN
|
KET
|
1
|
JULI 2015
|
3
|
|
2
|
AGUSTUS 2015
|
0
|
|
3
|
SEPTEMBER 2015
|
1
|
|
4
|
OKTOBER 2015
|
0
|
|
5
|
NOPEMBER 2015
|
0
|
|
6
|
DESEMBER 2015
|
4
|
|
|
Jumlah ( b )
|
8
|
|
III.
Jumlah Pekan Efektif
( a ) 27 – (
b) 8 = ( c
) 19
Pekan
IV.
( c ) 19 X 4 = 76 Jam, Jumlah jam efektif dalam satu semester =
76 Jam
V.
Kegiatan Semester I yang Bukan Jam efektif Mata Pelajaran PAI
NO
|
BULAN
|
PEKAN KE
|
URAIAN
KEGIATAN
|
1
|
JULI 2015
|
1, 3 &
4
|
1.
Libur semester II TP. 2014/2015 3 dan 4. Libur awal puasa 1436 H
|
2
|
AGUSTUS 2015
|
0
|
|
3
|
SEPTEMBER 2015
|
1
|
1.
Kegiatan Midle Semester I TP.
2015/2016
|
4
|
OKTOBER 2015
|
0
|
-
|
5
|
NOPEMBER 2015
|
0
|
-
|
6
|
DESEMBER 2015
|
2,3, 4
& 5
|
1.
Pelaksanaan Semester I TP. 2015/2016, 2. Remidial 3.Pengolahan nilai,
Merekap nilai, pengisisn rapot 4.
libur semesrt I TP. 2015/2016
|
|
Jumlah
|
8
|
|
B. Distribusi
Alokasi Waktu
Mata Pelajaran : PAI dan
BP
Kelas/ Semester : V A/ I
Tapel : 2015/2016
Bab/ Materi
|
Kompetensi Inti/ Kompetensi
Dasar
|
Alokasi Waktu
( Jam Pelajaran )
|
|
Bab
I Mari Belajar QS. At-Tin dan al-Maun
|
|
Rencana
|
Terlaksana
|
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an Surat
at-Tin dan al-Maun dengan tartil
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. at-Tin
3.3 Mengetahui makna Q.S.
al-Mā’ūn dan
Q.S. at-Tin dengan benar
4.1 Membaca Q.S.
al-Mā’ūn dan at-Tin dengan
tartil
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan
baik dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan
baik dan benar
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam
hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
at-Tin
|
16 x 35
|
14 x 35
|
|
|
|
||
Bab II Mengenal
Nama Allah dan Kitab-Kitab-Nya
|
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyμm, al-Ahad.
3.2.
Memhami makna diturunkannya kitab –kitab suci melalui rasul-rasul Allah
sebagai imlpementasi rukun iman
1.2.
Meyakini al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai
pedoman hidup.
|
8 x 35
|
6 x 35
|
Bab III Cita-Citaku Menjadi Anak Sholih
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.al-Ahzab/33: 23
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al- Baqarah/2: 83
2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 18
|
8 x 35
|
6 x 35
|
Bab IV Bulan Romadon Yang Indah
|
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadān sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4 Menunaikan Salat tarawih
dan tadarus al-Qur’an di bulan Ramadhān sebagai
wujud ketaatan kepada Allah dan
rasul-Nya
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadān yang
dapat membentuk akhlak mulia
2.6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri
sebagai implementasi dari pemahaman puasa Romadon.
|
10 x 35
|
10 x 35
|
Bab V Rasul Allah Idolaku
|
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dāwūd
a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaimān
a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyās
a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasā a.s.
4.14. Menceritakan kisah keteladan Nabi
Muhammad SAW
2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
|
12 x 35
|
12 x 35
|
Jumlah
: 23 KD
|
44 X 35
|
44 X 35
|
Pengadangan, 6 Juli 2015
Mengetahui Guru PAI
Kepala SDN 6 Pengadangan
JUNAIDI, S.Pd SYUKRI, S.Pd.I
NIP. 19601231 198012 1 102 NIP.
19740421 2008 01 1 013
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 2015/-2016
SEKOLAH :
SDN 6 Pengadangan
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KELAS :
V A
SEMESTER : 1
(Ganjil)
Bab/ Materi
|
Kompetensi Inti/ Kompetensi
Dasar
|
Alokasi Waktu
|
|
Bab
I.
Mari
Belajar QS. At-Tin
|
|
Rencana
|
KET
|
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an Surat at-Tin dan al-Maun dengan tartil
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. at-Tin
3.3 Mengetahui makna Q.S.
al-Mā’ūn dan
Q.S. at-Tin dengan benar
4.1 Membaca Q.S.
al-Mā’ūn dan at-Tin dengan
tartil
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan
baik dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan
baik dan benar
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam
hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
at-Tin
|
16 x 35
|
8 x pertm
|
|
|
|
||
Bab II.
Mengenal Nama
Allah dan Kitab-Kitab-Nya
|
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna
meliputi al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyμm, al-Ahad.
3.2. Memhami
makna diturunkannya kitab –kitab suci melalui rasul-rasul Allah sebagai
imlpementasi rukun iman
1.2. Meyakini
al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman
hidup.
|
8 x 35
|
4 x pertm
|
Bab III.
Cita-Citaku Menjadi Anak Sholih
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.al-Ahzab/33: 23
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al- Baqarah/2: 83
2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 18
|
8 x 35
|
4 x pertm
|
Bab IV.
Bulan Romadon Yang Indah
|
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadān sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4 Menunaikan Salat tarawih
dan tadarus al-Qur’an di bulan Ramadhān sebagai
wujud ketaatan kepada Allah dan
rasul-Nya
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadān yang
dapat membentuk akhlak mulia
2.6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri
sebagai implementasi dari pemahaman puasa Romadon.
|
10 x 35
|
5 x pertm
|
Bab V .
Rasul Allah Idolaku
|
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dāwūd
a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaimān
a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyās
a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasā a.s.
4.14. Menceritakan kisah keteladan Nabi
Muhammad SAW
2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.
|
12 x 35
|
6 x pertm
|
Jumlah
: 23 KD
|
44 X 35
|
22 x peretmuan
|
Pengadangan, 6 Juli 2015
Mengetahui Guru PAI
Kepala SDN 6 Pengadangan
JUNAIDI, S.Pd SYUKRI, S.Pd.I
NIP. 19601231 198012 1 102 NIP.
19740421 2008 01 1 013
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan ;
SDN 6 Pengadangan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas :
V ( Lima ) A
Semester : 1 ( Satu )
Tahun Pelajaran :
2015 /2016
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
|||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an Surat at-Tin dengan tartil
|
2 jampel
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Membaca Q.S.
al-Mā’ūn dan at-Tin dengan
tartil
|
2 jampel
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan
baik dan benar
|
2 jampel
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan benar
|
1 Jampel
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan
dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
|
2 jampel
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4 Mencontohkan perilaku saling
mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Mā’ūn dan Q.S. at-Tin dengan
baik dan benar
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Formatif 1
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna meliputi al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyμm, al-Ahad.
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. Memhami makna
diturunkannya kitab –kitab suci melalui rasul-rasul Allah sebagai imlpementasi
rukun iman
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Meyakini
al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman
hidup.
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Formatif 2
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.al-Ahzab/33: 23
|
1 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al- Baqarah/2: 83
|
4 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.5 Memiliki
sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
az-Zumar/39: 18
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan
Formatif 3
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Midle Semester I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadān sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
|
1 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4
Menunaikan Salat
tarawih dan
tadarus al-Qur’an di bulan Ramadhān sebagai
wujud ketaatan kepada Allah dan
rasul-Nya
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadān yang
dapat membentuk akhlak mulia
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri
sebagai implementasi dari pemahaman puasa Romadon.
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Formatif 4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dāwūd
a.s.
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaimān
a.s.
|
2 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyās
a.s.
|
2 Jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasā a.s.
|
2 Jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
Ulangan Formatif 5
|
2 Jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
4.14. Menceritakan kisah keteladan Nabi
Muhammad SAW
|
2 Jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
2.9
Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan
Nabi Muhammad saw.
|
2 Jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
Ulangan Formatif 6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
|
Ulangan Semester I
|
3 jampel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
Pengadangan, 6 Juli
2015
Mengetahui Guru PAI
Kepala SDN 6 Pengadangan
JUNAIDI, S.Pd SYUKRI, S.Pd.I
NIP. 19601231 198012 1 102 NIP.
19740421 2008 01 1 013
No comments:
Post a Comment